Jangan Pakai Cat Biasa!!! Ini bahayanya

Tanpa disadari, kita hidup di tengah lingkungan yang kurang sehat. Beragam zat berbahaya ada di sekitar kita. Misalnya, merkuri. Zat berbahaya ini menjadi bahan perbincangan publik setelah marak pemberitaan kosmetik mengandung merkuri. Tahukah Anda, merkuri tak cuma ditemukan pada kosmetik. Merkuri juga dapat ditemukan pada lampu neon, batu baterai, tambalan gigi amalgam, makanan laut, dan cat tembok.

Merkuri seperti halnya arsenik, timbal, aluminium, dan kadmium, merupakan yang lazim di banyak bidang lingkungan kita, dapat terakumulasi dalam jaringan lunak tubuh.

cat-Risiko yang mungkin timbul akibat terpapar zat tersebut ialah kanker, gangguan saraf, penyakit alzheimer, kepala pusing, kelelahan, mual dan muntah, penurunan produksi sel darah merah dan putih, irama jantung abnormal, serta kerusakan pembuluh darah.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, beberapa bukti menunjukkan adanya penurunan kecerdasan akibat paparan timbal atau merkuri pada masa kanak-kanak. WHO memasukkan keterbelakangan mental sebagai jenis penyakit yang mungkin timbul.

Anak-anak usia 0 hingga 6 bulan, memiliki kebiasaan memasukkan tangan ke dalam mulut. Termasuk memasukkan tangan ke mulut usai menyentuh tembok tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Perilaku ini merupakan kebiasaan paling berisiko yang menyebabkan kerusakan kecerdasan dan perkembangan mental anak akibat terpapar merkuri.

Sementara, Penasihat Senior dan Supervisor Proyek Yuyun Ismawati dari Yayasan BaliFokus mengatakan, konsentrasi merkuri paling berbahaya ditemukan dalam warna-warna terang seperti kuning, oranye, merah dan cat berwarna hijau. Dalam beberapa analisa yang dilakukan Yayasan BaliFokus ditemukan bahwa beberapa produsen cat di Indonesia mulai mengapus kandungan timbal atau merkuri dalam cat yang mereka produksi.

“Beberapa produsen cat di Indonesia mulai menghapus timbal dari cat mereka. Namun, masih banyak perusahaan yang mempertaruhkan masa depan anak-anak kita dengan menjual cat berkadar timbal tinggi,” kata Ismawati, dikutip Nationalgeographic.Ondel pelangi

Berbeda dengan cat tembok lainnya, Cat yang digunakan oleh Carisouvenir merupakan cat yang bebas merkuri. Finishing cat yang digunakan carisouvenir mampu melindungi seluruh konsumen danaman menggunakan produk yang diproduksi carisouvenir tanpa perlu khawatir dari ancaman bahaya buruk merkuri.

Hal ini bisa dibuktikan dengan sertifikat dari laboratorium SGS bahwa cat yang digunakan Carisouvenir bebas merkuri (Hg), bebas timbal (Pb), dan bebas Kadmium (cd)

 

Dari berbagai sumber