Tips Merawat Perhiasan Perak

Masalah umum yang terjadi pada perhiasan perak disebabkan oleh:

  • Perak jadi kusam. Keringat anda mungkin agak mengandung garam sehingga perak cepat sekali menjadi kusam dan bahkan hitam. Solusinya adalah dengan sering-sering melakukan perawatan perhiasan perak. Sedangkan agak sulit menjadi kusam namun lama-lama akan kusam juga.
  • Cepat menjadi kusam atau hitam. Disebabkan oleh campuran yang kurang sempurna waktu pembuatannya. ini biasanya terjadi pada perhiasan yang dikerjakan tangan atau ‘hand made’ susah untuk dirawat karena pasti akan cepat hitam lagi.
  • Kusam atau hitam padahal tidak dipakai. Biasanya disimpan dalam waktu lama di lemari kayu. Pernis dan finishing kayu yang kurang sempurna bisa membuat cepat kusam dan hitam ini karena perak menjadi oksidasi oleh bahan-bahan finishing kayu.
  • Kusam juga bisa disebabkan karena mandi di laut, air yang mengandung garam atau belerang. Perak sering ber oksidasi dengan garam dan belerang.
  • Kusam dan hitam juga bisa karena penyimpanan di dalam tas atau sesuatu yang terbuat dari kulit. Pekerjaan kulit asli biasanya menggunakan bahan-bahan yang berhubungan dengan belerang atau amoniac. Atau mungkin juga perak anda menggunakan kalung kulit. Tidak semua kulit menyebabkan hitam, apabila pekerjaan kulitnya itu dikerjakan dengan benar. Jadi kulit patut dicurigai sebagai penyebab barang perak jadi hitam.

Cara merawat yang benar:

  • Laplah sesering mungkin perhiasan perak anda. Gunakan lap dan bahan abrasive seperti autosol yang banyak dijual di supermarket atau sering di bengkel sepeda motor. Lap gunakan yang lembut dan bagus dari kaos bekas bahan cotton atau katun yang sudah sering dicuci. Kapas juga bisa digunakan namun agak susah menggosoknya.
  • Simpan dalam tas kain sebelum masuk lemari atau tas kulit. Kalau ada silica gel yang mudah didapat di supermarket juga sangat bagus. Tempat lain yang aman adalah kotak kertas, plastic dan logam.
  • Kalau perak anda sudah terlalu gores dan anda tidak keberatan untuk sedikit susut gunakanlah amplas no. 1000, kalau sudah halus gunakan amplas no 2000 sampai halus boleh sekali-sekali celup di air. Kalau dirasa sudah cukup halus pakai saja autosol tadi untuk membuat cling lagi. Kalau belum cling artinya amplasan kurang. Ini disebut polishing. Cara ini tidak bisa dilakukan untuk barang-barang yang disepuh karena menyebabkan lapisan sepuh hilang.
  • Permata buram. Sebenarnya permata buram juga bisa digosok dengan cara di atas namun memakan waktu lebih lama tergantung tingkat buramnya dan jenis permatanya. Kalau diamond jangan coba-coba karena ini permata paling keras di dunia. Sangat khusus, makanya mahal. Sebenarnya cara-cara menghaluskan permata sama dengan barang logam yaitu proses polishing atau amplas dan gosok seperti cara di atas.
  • Khusus untuk Fine silver atau sterling silver untuk mendapatkan silver anda menjadi berkilau kembali bisa menggunakan Kain silbo (Silver polishing cloth).
    Silver polishing cloth ini merupakan kain pembersih perak dari noda oksidasi ringan dengan bahan lembut dan formula khusus yang terdapat dalam kain ini untuk menjaga kilau perak dari tarnish (warna kuning).
    Penggunaannya cukup mudah, gosok secara perlahan pada fine silver atau sterling silver, maka akan mendapatkan kembali kilau asli silver perhiasan anda.
    Untuk perak yang kotor bisa dibersihkan dengan SEDIKIT membasahi ujung kain, gosok ke perak lalu gogok kembali dengan bagian yang kering.

Cara merawat yang salah:

  • Sering terlihat orang menggodok perak. Cara ini sebenarnya bagi yang sudah tahu. Karena ada jenis permata yang tidak kuat dengan suhu panas yang menyebabkan warna permata malah pudar. Tidak lagi cling.
  • Menggodok menggunakan panci aluminium bisa menyebabkan pewarna hitam atau disebut oxid yang biasanya sengaja dipakai malah hilang. Tetapi kalau memang mau menghilangkan obat hitam ini bisa ditambahkan sedikit garam maka pewarna hitam pada perak akan hilang. Reaksi garam dan aluminium yang mengikat oxidasi.
  • Kalau perhiasan ada permatanya, jangan menggodok menggunakan. Asam adalah bahan yang abrassive yang bisa menyebabkan lapisan kilap permata menjadi buram. Terutama terjadi pada permata soft seperti Amber. Juga bisa menyebabkan inclusion (semacam partikel yang berada dalam satu permata mungkin menjadi berubah warna). Biasanya kalau imitasi ia akan cepat berubah warna.

Disarikan dari berbagai sumber.

Produk perak carisouvenir.